TELITILAH PARTAI PEMILU 2009 ANDA

Selasa, 05 Agustus 2008

Telitilah sebelum memilih partai pemilu 2009 :

- Terdapat nama partai memiliki singkatan PKPB , PKP Indonesia, dan PKP saja. Partai itu aslinya bernama Partai Karya Peduli Bangsa; Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia; dan Partai Karya Perjuangan.

- Terdapat nama PK, dan PKS. PK ini bukan partai PKS terdahulu (pemilu 1999). Partai ini adalah Partai Kedaulatan; dan Partai Keadilan Sejahterah.

- Terdapat PPI, ada juga PPPI. Pastikanlah singkatan partai Anda sesuai dengan partai pilihan Anda, apalagi perbedaannya hanya jumlah P di depannya. Partai tersebut adalah Partai Pemuda Indonesia; dan Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia

- Terdapat 5 partai berlambang BANTENG sebagai ciri khasnya, yaitu PNI Marhaenisme, PDP, Partai PDI, PNBK Indonesia, dan PDI-P. Agar tidak salah, PNI Marhaenisme bantengnya dalam SEGI TIGA, PDP bantengnya berupa CORETAN (maaf kalau saya salah), Partai PDI bantengnya dalam SEGI LIMA, PNBK bantengnya menghadap KANAN dan belakangnya terdapat CAHAYA MERAH, dan PDI-P bantengnya dalam LINGKARAN.

- PPP dan PBR memiliki lambang KA’BAH. Hanya saja PPP menampilkan Ka’bah KESELURUHAN dan PBR dalam LINGKARAN (ini juga belum tentu ka’bah, tapi sekilas ada kemiripan. Maaf kalau saya salah)

- Partai Pelopor dan Partai Patriot jika disingkat akan sama-sama PP. Sebaiknya terdapat kesepakatan bagi kedua partai ini dalam penamaan simbolis mereka agar pendukung mereka tidak salah pilih. Orang Indonesia tidak terlalu suka penamaan yang rumit sehingga sering terdapat slogan penamaan yang ringkas dan mudah diingat.

- PPD, PKB, PIS dan PKNU memiliki GAMBAR PETA INDONESIA di lambangnya. Namun warna logo dan bentuknya masih mudah dibedakan.

- PAN dan PMB memiliki lambang BINTANG sebagai simbol utamanya. PAN berlogo BIRU dan cenderung TAJAM, sedangkan PMB berlogo MERAH dan bintangnya memiliki 12 SISI. Partai lain memiliki simbol bintang adalah Partai Demokrat, PBN, PPRN, namun masih mudah dibedakan.

0 komentar: